Apa itu game engine??
Game
Engine adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
mengembangkan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft
Windows, Linux, dan Mac OS X.
Fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (
“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan
tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming,
manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses
pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali
mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Beberapa elemen yang ada di
dalam game engine adalah :
·
Tools/Data
Dalam pengembangan game,
dibutuhkan data yang tidak semudah menuliskan text files. Dalam pengembangan
game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d model editor, level
editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan, seringkali kita
mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa code dan fitur
yang diperlukan.
·
System
System sendiri adalah bagian
dari game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware yang
berada di dalam mesin. Jika game engine sudah dibuat dengan baik maka system
ini adalah satu-satunya bagian yang membutuhkan perubahan yang cukup banyak
apabila dilakukan implementasi pada platform yang berbeda. Di dalam system
sendiri terdapat beberapa sub system yaitu graphics, input, sound, timer,
configuration. System sendiri bertanggung jawab untuk melakukan inisialisasi,
update dan mematikan sub system yang terdapat di dalamnya.
·
Console
Dengan menambahkan console,
kita dapat merubah setting game dan setting game engine di dalam game tanpa
perlu melakukan restart pada game tersebut. Console sendiri lebih sering
digunakan dalam proses debugging. Apabila game engine tersebut mengalami error
kita tinggal mengoutputkan error message tersebut ke dalam console tanpa harus
melakukan restart. Console sendiri dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai
keinginan.
·
Support
Support adalah bagian yang
paling sering digunakan oleh system di dalam game engine. Support sendiri
berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan, vector, matrix, memory
manager, file loader. Merupakan dasar dari game engine dan hampir digunakan
semua projek game engine.
·
Renderer/Engine
Core
Pada game engine, engine core
/ renderer terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, Collision Detection dan
Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems,
Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan Output.
·
Game
Interface
Game interface sendiri
merupakan layer diantara game engine dan game itu sendiri. Berfungsi sebagai
control yang bertujuan untuk memberikan interface apabila di dalam game engine
tersebut terdapat fungsi fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan untuk
mengembangkan game tersebut.
·
The
Game
Merupakan inti dari
penggunaan game engine sendiri, sehingga terserah kita bagaimana mengembangkan
game tersebut.
Saat sekarang ini sudah
sangat banyak game engine yang hadir, dan sangat maju. Para pembuat game engine
kini berlomba-lomba untuk menciptakan game engine dengan tampilan yang menarik
agar menciptakan suasana permainan yang nyaman atau enak untuk dilihat dan
dimainkan dalam PC ataupun Console. Dengan tampilan atau graphic yang menarik
yang kini semakin mendekati realitas dalam segi fisik para tokoh serta
gameplay-nya, akan membuat para gamers semakin antusias untuk memainkan game
tersebut.
Game engine
menggunakan flash
Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash atau
Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati
masyarakat dunia web karena dapat membuat serta menampilkan animasi dan
interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia
dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau
CS3.
Adobe Flash merupakan Adobe Flash merupakan sebuah
program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring
tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat
menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis.
Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan
ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek
animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini
juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi
pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian,
e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash,
terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom
easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV.
Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code
pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada
didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML,
PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web,
karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie
Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar
yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah
standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan
dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam
Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya
dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture
baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat
secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi
tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat
aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di
dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan
menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan
pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe
Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber
referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana
didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk
ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu,
semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui
server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web
yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan
data.
Sumber video : How to make a platform game in
flash (CS5)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar